Inilah Cara Registrasi Kartu 3 Paling Mudah dan Cepat

Ketika Anda baru membeli kartu SIM, maka harus diregistrasi terlebih dahulu supaya bisa menggunakan semua layanannya. Tetapi apakah Anda sekarang bingung dengan cara registrasi kartu 3? Padahal ini hal yang sangat simpel dan bisa dilakukan oleh semua orang.

Banyak pengguna yang tidak bisa melakukan registrasi kartu 3 dan akhirnya mereka orang lain untuk melakukannya. Padahal hanya dengan beberapa data saja, kartu SIM bisa diaktifkan. Untuk meregistrasi juga ada beberapa cara mudah, Anda bisa memilihnya yang paling mudah.

Tetapi Anda tidak usah berkecil hati, mungkin saat ini Anda masih belum bisa registrasi kartu SIM 3 (Tri), tetapi setelah membaca postingan ini dapat langsung dipraktekan sendiri. Kami akan memberikan langkah demi langkah sehingga bagi pemula bisa mengikutinya dengan baik.

Beberapa Cara Registrasi Kartu 3 (Tri) Tanpa Ribet

Registrasi Kartu 3 Paling Mudah dan Cepat
Beberapa Cara Registrasi Kartu 3 (Tri) Tanpa Ribet

Registrasi menjadi hal yang wajib dilakukan untuk mengaktifkan kartu SIM yang akan digunakan. Jika tidak, maka Anda pun tidak bisa menikmati berbagai layanannya seperti SMS, telepon, internet, dan lainnya.

1. Registrasi Kartu 3 Melalui SMS

Biasanya para pengguna ponsel akan registrasi kartu 3 mereka melalui SMS karena sangat mudah dan prosesnya cepat. Cukup mengirimkan satu kali pesan SMS saja, maka kartu akan aktif dan bisa digunakan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa penulisan format pesan SMS untuk registrasi harus ditulis dengan benar dan jangan sampai ada kesalahan angka atau kata. Siapkan nomor KK dan NIK Anda untuk pendaftaran. Kemudian, simak panduan berikut ini:

  1. Buka menu SMS pada ponsel Anda.
  2. Buat pesan baru dengan format isi NIK#NomorKK#.
  3. Kirimkan ke nomor 4444 dengan kartu SIM 3 Anda.
  4. Dalam beberapa detik atau menit kemudian Anda akan mendapatkan pesan mengenai proses registrasi Anda.
  5. Jika berhasil, maka kartu 3 bisa langsung digunakan.

Format atau nomor penerima supaya lebih jelas, Anda bisa baca pada bungkus kartu Tri karena biasanya tercantum tata cara registrasinya. Anda bisa menggunakan cara registrasi ini di berbagai perangkat yang mendukung pesan SMS.

Baca Juga: Inilah Cara Cek Nomor 3 (Tri) Paling Mudah dan Cepat

2. Registrasi Kartu 3 dari Website

Provider 3 memiliki website khusus untuk mengurus registrasi sehingga Anda dapat melakukannya melalui berbagai platform, tidak hanya smartphone saja. Jika ponsel sedang dalam kondisi mati, bisa gunakan komputer atau laptop.

Seperti biasa, Anda harus menyiapkan NIK dan Nomor KK yang akan didaftarkan pada kartu SIM 3. Simak langkah-langkah di bawah ini untuk registrasi kartu 3 secara online:

  1. Buka aplikasi browser di perangkat HP atau laptop.
  2. Lalu, akses situs https://registrasi.tri.co.id/.
  3. Pada halaman utama situs tersebut ada tiga pilihan, yaitu registrasi kartu, unregistrasi kartu, dan cek status kartu.
  4. Pilih bagian registrasi kartu.
  5. Masukan nomor kartu 3 yang akan diregistrasi.
  6. Pada kolom lain yang tersedia, isi dengan NIK dan Nomor KK sesuai instruksi.
  7. Anda bisa memilih metode verifikasi apakah dengan mengirimkan OTP melalui pesan SMS ataupun menggunakan nomor seri ICCID.
  8. Pilih salah satunya.
  9. Selesaikan proses verifikasi sesuai yang Anda pilih.
  10. Ceklist pada Im not a robot.
  11. Tekan tombol Kirim.
  12. Selesai, Anda akan segera diberitahu mengenai status registrasi kartu 3 tersebut.

Penyebab Gagal Registrasi Kartu 3

Karena berbagai penyebab, proses registrasi kartu SIM bisa mengalami kendala. Jika Anda sudah mencoba meregistrasi tetapi ternyata ada eror, penyebabnya mungkin ada di daftar berikut ini:

1. Salah Memasukan Data

Teliti dalam memasukan NIK dan Nomor KK karena kombinasinya cukup panjang sehingga bisa saja ada satu atau lebih angka yang typo. Sebaiknya pelan-pelan dalam memasukan data tersebut untuk registrasi kartu SIM supaya berhasil.

2. Sinyal atau Koneksi Internet Lemah

Apabila Anda menggunakan cara registrasi kartu 3 dengan SMS, maka pastikan sinyal bagus atau setidaknya masih ada beberapa bar. Sedangkan registrasi melalui website menuntut koneksi internet yang stabil.

3. Salah Menggunakan Kartu untuk Mengirim

Dalam mengirim pesan SMS registrasi kartu 3, maka yang digunakan harus kartu SIM tersebut. Karena menggunakan 2 kartu SIM pada satu ponsel, mungkin Anda justru menggunakan SIM lain untuk mengirimkan pesan tersebut.

4. Website Eror

Registrasi melalui website bisa menjadi alternatif ketika menggunakan metode SMS ternyata tidak memungkinkan. Namun, bukan tidak mungkin ada eror, misalnya ketika semuanya sudah disi dan klik tombol Kirim tetapi tidak ada respon apapun.

Apabila Anda menemui masalah seperti ini, coba gunakan metode dengan mengirimkan format registrasi lewat pesan SMS. Atau, tunggu beberapa saat hingga website registrasi Tri kembali normal dan bisa berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Cara Cek Masa Aktif 3 (Tri) dengan Mudah dan Aman

Kesimpulan

Nah, itulah cara registrasi kartu 3 (Tri) yang begitu mudahnya sehingga sekarang Anda bisa melakukannya sendiri. Kedua cara di atas sangat mudah, yang terpenting Anda memasukan informasi dokumen yang diminta dengan benar.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *